SUMBER DAYA
KONSUMEN DAN PENGETAHUAN
Sumber Daya
Konsumen.
Sumber daya konsumen adalah segala sumber daya yang
mempengaruhi konsumen untuk membeli barang atau jasa. Sumber daya konsumen ada
3 macam, yaitu :
- Sumber daya ekonomi adalah segala sesuatu sumber daya yang dimiliki baik yang tergolong sumber daya alam maupun potensi sumber daya manusia yang dapat memberikan manfaat.
- Sumber daya sementara adalah sumber daya yang bisa menghemat waktu, keinginan manusia ingin membeli barang dan jasa yang tujuananya menghemat waktu yang ada.
- Sumber daya kognitif adalah sumber daya perencanaan dan pengambilan keputusan seorang konsumen ter hadap apa yang ingin di belinya.
Pengetahuan
Pengetahuan
Konsumen adalah semua informasi yang dimiliki konsumen mengenai berbagai macam
produk, serta pengetahuan lainnya yang terkait dan informasi yang berhubungan
dengan fungsinya sebagai konsumen. Dalam hal ini pengetahuan konsumen amat
diperlukan. Karena, hal ini dapat mempengaruhi keputusan konsumen dalam
melakukan pembelian. Apa yang dibeli, berapa banyak yang dibeli, dimana membeli
dan kapan membeli akan tergantung kepada pengetahuan. Pengetahuan Konsumen
terbagi kedalam tiga macam, yaitu Pengetahuan Produk, Pengetahuan Pembelian,
Pengetahuan Pemakaian.
a) Pengetahuan Produk adalah kumpulan
berbagai macam informasi mengenai produk. Pengetahuan ini meliputi kategori
produk, merek terminologi produk atribut atau fitur, harga produk dan kepercayaan
mengenai produk. Jenis Pengetahuan Produk :
·
Pengetahuan tentang
karakteristik/atribut produk
Seorang Konsumen akan melihat suatu
produk berdasarkan kepada karakteristik atau ciri atau atribut dari produk
tersebut. Setiap konsumen mungkin memiliki kemampuan yang berbeda dalam
menyebutkan karakteristik atau atribut dari suatu produk. Hal ini
disebabkan perbedaan pengetahuan yang dimilikinya. Pengetahuan mengenai atribut
tersebut akan mempengaruhi pengambilan keputusan konsumen. Pengetahuan yang
lebih banyak akan memudahkan konsumen dalam memilih produk yang akan dibelinya.
·
Pengetahuan Manfaat Produk
Seorang Konsumen mengkonsumsi gula
rendah kalori karena mengetahui manfaat produk tersebut bagi kesehatan
tubuhnya. Manfaat yang dirasakan konsumen. Setelah mengkonsumsi gula rendah
kalori yaitu dapat menghindari penyakit diabetes. Inilah yang disebut sebagai
pengetahuan tentang manfaat produk.
b) Pengetahuan Pembelian terdiri atas
pengetahuan tentang toko, lokasi produk di dalam toko dan penempatan produk
yang sebenarnya di dalam toko tersebut. Pengetahuan Konsumen cenderung lebih
senang mengunjungi toko yang sudah dikenalnya untuk berbelanja, karena telah
mengetahui dimana letak produk di dalam toko tersebut. Hal ini akan memudahkan
konsumen untuk berbelanja atau melakukan pembelian. Hal ini akan memudahkan
konsumen untuk berbelanja karena konsumen bisa menghemat waktu dalam mencari
lokasi produk. Menurut Petter dan Olson (1999), perilaku membeli meliputi
store contact, product contact, dan Transaction.
· Store contact meliputi tindakan mencari outlet, pergi
ke outlet dan memasuki outlet.
· Product contact, konsumen akan mencari lokasi produk,
mengambil produk tsb dan membawanya ke kasir
· Transaction, konsumen akan membayar produk tersebut
dengan tunai, kartu kredit, kartu debet atau alat pembayaran lainnya.
c) Pengetahuan Pemakaian yaitu suatu
produk akan memberikan manfaat kepada konsumen jika produk tersebut telah
digunakan/ dikonsumsi. Agar produk tersebut bisa memberikan manfaat yang
maksimal dan kepuasan yg tinggi, maka konsumen harus bisa menggunakan/
mengkonsumsi produk tersebut dengan benar. Produsen berkewajiban untuk
memberikan informasi yang cukup agar konsumen mengetahui cara pemakaian suatu
produk. Pengetahuan pemakaian suatu produk adalah penting bagi konsumen.
Sumber Daya Konsumen Ekonomi
Uang adalah
alat transaksi yang sangat diperlukan oleh konsumen untuk membeli produk.
Keputusan Konsumen sehubungan dengan produk dan merek sangat dipengaruhi
oleh jumlah sumber daya ekonomi misalnya uang. Tanpa uang konsumen tidak bisa
membeli apapun. Pembelian sangat dipengaruhi oleh pendapatan konsumen
sama halnya dengan, harapan konsumen mengenai pendapatan masa datang menjadi variabel
penting dalam meramalkan perilaku konsumen.
Potensi
sumberdaya ekonomi atau lebih dikenal dengan potensi ekonomi pada dasarnya
dapat diartikan sebagai sesuatu atau segala sesuatu sumberdaya yang dimiliki
baik yang tergolong pada sumberdaya alam (natural resources/endowment factors)
maupun potensi sumberdaya manusia yang dapat memberikan manfaat (benefit) serta
dapat digunakan sebagai modal dasar pembangunan (ekonomi) wilayah tingkat
ketergantungan terhadap sumberdaya secara structural harus bisa dialihkan pada
sumberdaya alam lain. Misalnya, penggunaan energy sinar matahari, panas bumi,
atau gelombang laut termasuk angin, akan dapat mengurangi ketergantungan
manusia terhadap sumberdaya alam yang tidak dapat diperbaharui.
Sumber Daya
Sementara
·
Barang yang Menggunakan Waktu
Produk yang memerlukan pemakaian waktu dalam mengkonsumsinya. Contoh: menonton TV, memancing, golf, tennis (waktu Senggang) tidur, perawatan pribadi, pulang pergi (waktu wajib)
Produk yang memerlukan pemakaian waktu dalam mengkonsumsinya. Contoh: menonton TV, memancing, golf, tennis (waktu Senggang) tidur, perawatan pribadi, pulang pergi (waktu wajib)
·
Barang Penghemat Waktu.
Produk yang menghemat waktu memungkinkan konsumen meningkatkan waktu leluasa mereka. Contoh: oven microwave, pemotong rumput, fast food.
Produk yang menghemat waktu memungkinkan konsumen meningkatkan waktu leluasa mereka. Contoh: oven microwave, pemotong rumput, fast food.
Sumber Daya Kognitif
Sumberdaya Kognitif menggambarkan
kapasitas mental yang tersedia untuk menjalankan berbagai kegiatan pengolahan
informasi Alokasi Kapasitas Kognitif dikenal sebagai perhatian (attention).
Perhatian terdiri dari dua dimensi:
· Arahan (direction) menggambarkan fokus perhatian
· Intensitas mengacu pada jumlah kapasitas yang
difokuskan pada arahan tertentu. Karena kapasitas tersebut terbatas, orang
harus selektif dalam apa yang mereka perhatikan dan berapa banyak perhatian
dialokasikan selama pengolahan informasi.
Pengertian sumber daya kognitif
adalah kemampuan untuk secara lebih tepat merepresentasikan dunia dan melakukan
operasi logis dalam representasi konsep yang berdasar pada kenyataan. Teori ini
membahas munculnya dan diperolehnya skema tentang bagaimana seseorang
mempersepsikan lingkungannya dalam tahapan-tahapan perkembangan, saat seseorang
memperoleh cara baru dalam merepresentasikan informasi secara mental. Teori ini
digolongkan ke dalam konstruktivisme.
Kandungan
Pengetahuan
Kajian Myke mendefinisikan kandungan
pengetahuan sebagai “jumlah keupayaan sumber tenaga manusia, asset dan pengamalan
kepimpinan, modal teknologi dan maklumat, hubungan kerjasama, harga intelek,
stok maklumat serta kebolehan untuk berkongsi pembelajaran dan penggunaan, yang
boleh digunakan untuk menjaga kekayaan dan meningkatkan daya saing ekonomi.
Organisasi Pengetahuan
Pengetahuan Konsumen akan
mempengaruhi Keputusan Pembelian. Apa yang dibeli,berapa banyak yang dibeli,
dimana membeli dan kapan membeli akan tergantung kepada pengetahuan konsumen
mengenai hal-hal tersebut. Pengetahuan Konsumen adalah semua informasi yang
dimiliki konsumen mengenai berbagai macam produk, serta pengetahuan lainnya
yang terkait dan informasi yang berhubungan dengan fungsinya sebagai konsumen.
1. Pengetahuan tentang
karakteristik /atribut produk
2. Pengetahuan tentang
manfaat produk
3. Pengetahuan tentang
kepuasan yang diberikan produk kepada konsumen
Manfaat fungsional yaitu manfaat
yang diraksan konosumen secara fisiologis
Manfaat psikososial, yaitu aspek psikologis dan aspek sosial yang dirasakan konsumen setelah
mengkonsumsi suatu produk
Mengukur
Pengetahuan
Cara yang paling nyata dalam
mengukur kemampuan pengetahuan adalah menilai secara langsung isi ingatan.
Beberapa indikator pengukur pengetahuan antara lain
1. Pengetahuan Objektif
(Objective Knowledge)
Pengukuran yang menyadap apa yang
benar-benar sudah disimpan oleh konsumen di dalam ingatan
2. Pengetahuan Subjektif
(Subjective Knowledge)
Dipengaruhi oleh kepercayaan diri
seseorang yaitu bahwa orang yang percaya diri mungkin melaporkan secara
berlebihan tingkat pengetahuan mereka (Engel, Blackwell & Miniard, 1994,
p.331-332)
Sumber Daya Konsumen yaitu beberapa orang yang menjadi
pembeli atau pelanggan yang membutuhkan barang atau jasa untuk mereka gunakan
atau konsumsi sebagai kebutuhan hidupnya. Dalam hal sumber daya terdapat 3
macam, yaitu sumber daya ekonomi, sumber daya sementara dan sumber daya
kognitif. 1. Sumber Daya Ekonomi Potensi sumber daya ekonomi atau lebih dikenal
dengan potensi ekonomi pada dasarnya dapat diartikan sebagai sesuatu atau
segala sesuatu sumberdaya yang dimiliki baik yang tergolong pada sumber daya
alam (natural resources/endowment factors) maupun potensi sumberdaya manusia
yang dapat memberikan manfaat (benefit) serta dapat digunakan sebagai modal
dasar pembangunan (ekonomi) wilayah tingkat ketergantungan terhadap sumberdaya
secara struktural harus bisa dialihkan pada sumberdaya alam lain. Misalnya,
penggunaan energi sinar matahari, panas bumi, atau gelombang laut termasuk
angin, akan dapat mengurangi ketergantungan manusia terhadap sumberdaya alam
yang tidak dapat diperbarui. Dari sumber-sumber daya alam ada yang dapat
diperbaharui dan tidak dapat diperbaharui. sumberdaya alam yang potensial untuk
diperbarui (potentially renewable resources). Kategori sumberdaya alam ini
tergolong sumberdaya alam yang bisa habis dalam jangka pendek jika digunakan
dan dicemari secara cepat, namun demikian lambat laun akan dapat diganti
melalui proses alamiah misalnya ; pohon-pohon di hutan, rumput di padang
rumput, deposit air tanah, udara segar dan lain-lain Sumberdaya alam ini
keberadaannya harus dimanfaatkan seoptimal mungkin dalam kerangka untuk
mendorong, mempercepat dan menunjang proses pembangunan wilayah (daerah).
Selain itu, sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui (non-renewable or
exhaustible resources). Jenis sumberdaya ini pada dasarnya meliputi sumber daya
alam yang mensupply energi seperti minyak, gas alam, uranium, batubara serta
mineral yang non energi seperti misalnya : tembaga,
nikel,aluminium,dll.Sumberdaya alam jenis ini adalah sumberdaya alam dalam
jumlah yang tetap berupa deposit mineral (mineral deposits) diberbagai tempat
dimuka bumi. Sumberdaya alam jenis ini bisa habis baik karena sifatnya yang
tidak bisa diganti oleh proses alam maupun karena proses penggantian alamiahnya
berjalan lebih lamban dari jumlah pemanfaatannya. 2. Sumber Daya Sementara
Terdapat 2 macam sumber daya sementara, yaitu : a.Barang yang Menggunakan Waktu
Produk yang memerlukan pemakaian waktu dala mengkonsumsinya. Contoh: Menonton
TV, Memancing, Golf, Tennis (waktu Senggang) Tidur, perawatan pribadi, pulang
pergi (waktu wajib). b.Barang Penghemat Waktu Produk yang menghemat waktu
memungkinkan konsumen meningkatkan waktu leluasa mereka. Contoh: oven
microwave, pemotong rumput, fast food. 3. Sumber Daya Kognitif adalah
kepemimpinan teori psikologi industri dan organisasi yang dikembangkan oleh
Fred Fiedler dan Joe Garcia pada tahun 1987 sebagai konseptualisasi dari model
kontingensi Fiedler . Teori ini berfokus pada pengaruh pemimpin intelijen dan
pengalaman tentang nya atau reaksinya terhadap stres . Inti dari teori ini
adalah bahwa stres adalah musuh rasionalitas, merusak kemampuan pemimpin untuk
berpikir logis dan analitis. Namun, pengalaman pemimpin dan kecerdasan dapat
mengurangi pengaruh stres pada (atau dia) nya tindakan: kecerdasan adalah
faktor utama dalam situasi stres rendah, sementara jumlah pengalaman selama
lebih selama-saat stres. Pengetahuan Pengetahuan konsumen adalah semua informasi
yang dimiliki konsumen mengenai berbagai macam produk serta pengetahuan lainnya
yang terkait dan informasi yang berhubungan dengan fungsinya sebagai konsumen.
Pengetahuan Konsumen terbagi menjadi 3, yaitu: 1. Pengetahuan Produk Merupakan
kumpulan berbagai macam informasi mengenai produk. Pengetahuan ini meliputi
katagori produk, merek, terminologi produk, atribut atau fitur produk, harga
produkdan kepercayaan mengenai produk. Jenis Pengetahuan Produk: a. Pengetahuan
tentang karakteristik atau atribut produk b. Pengetahuan tentang manfaat produk
c. Pengetahuan tentang kepuasan yg diberikan produk kepada konsumen 2.
Pengetahuan Pembelian Pengetahuan pembelian terdiri atas pengetahuan tentang
toko, lokasi produk di dalam toko dan penempatan produk yang sebenarnya di
dalam toko tersebut. Konsumen cenderung lebih senang mengunjungi toko yang
sudah dikenalnya untuk berbelanja, karena telah mengetahui dimana letak produk
di dalam toko tersebut. Perilaku Membeli: Store Contact: Meliputi tindakan
mencari outlet, pergi ke outlet dan memasuki outlet. Product Contact: Konsumen
akan mencari lokasi produk, mengambil produk tersebut dan membawanya ke kasir.
Transaction Konsumen akan membayar produk tersebut dengan tunai, kartu kredit,
kartu debet atau alat pembayaran lainnya. 3. Pengetahuan Pemakaian Suatu produk
akan memberikan manfaat kepada konsumen jika produk tersebut telah digunakan
atau dikonsumsi. Agar produk tersebut bisa memberikan manfaat yang maksimal dan
kepuasan yang tinggi, maka konsumen harus bisa menggunakan atau mengkonsumsi
produk tersebut dengan benar.Produsen berkewajiban untuk memberikan informasi
yang cukup agar konsumen mengetahui cara pemakaian suatu produk. Pengetahuan
pemakaian suatu produk adalah penting bagi konsumen.
Sumber :
http://rizkiamaliafebriani.wordpress.com/2013/01/04/sumber-daya-konsumen-dan-pengetahuan-terhadap-perilaku-konsumen/
http://fachruramadhan.blogspot.com/2012/12/sumber-daya-konsumen-dan-pengetahuan.html
http://retno9293.blogspot.com/2013/01/sumber-daya-konsumen-dan-pengetahuan.html
www.wattpad.com/4248708-pengertian-perilaku-konsumen-sumber-day...
www.wattpad.com/4248708-pengertian-perilaku-konsumen-sumber-day...
agungsadar.blogspot.com/.../sumber-daya-kunsumen-pengetahuan.html
bardiiswanto.blogspot.com/.../sumber-daya-konsumen-dan-pengetahuan....
Tidak ada komentar:
Posting Komentar